2 Siswa SMP Muhammadiyah PK Juara Murottal Irama Nahawand

2 Siswa SMP Muhammadiyah PK Juara Murottal Irama Nahawand

JURNALNEWS.CO.ID – Dua siswa Program Khusus Sekolah Menengah Pertama (PK) Muhammadiyah di Kottabarat Surakarta berhasil meraih juara dalam lomba Musabaqoh Murottal Irama Nahawand Juz 30 yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Surakarta di Aula Gedung Aula Muhammadiyah, Rabu (12/1). Lalu.

Kegiatan lomba yang diikuti oleh siswa-siswi terpilih dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Muhammadiyah Kota Surakarta Aryanto selaku Humas SMP Muhammadiyah PK mengatakan, dua siswa yang merupakan utusan SMP Muhammadiyah PK tersebut berhasil meraih juara. Lomba Musabaqoh Murottal Irama Nahawand Juz 30 tingkat Muhammadiyah Kota Surakarta. “Alhamdulillah Billo Aurel Putra Denza kelas 8 meraih juara 2 kategori putra dan Keifa Fasaufi Anhari kelas 8 meraih juara 1 kategori putri,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Ustaz Muhammad Arif Wicagsono selaku guru PAI di sekolah tersebut sekaligus pembina lomba menjelaskan, lomba ini sudah dipersiapkan dengan sungguh-sungguh bahkan dari bulan sebelumnya.

Karena salah satu lomba murottal yang dinilai adalah kualitas suara, Ustaz Muhammad Arif memberikan perlakuan khusus kepada anak-anak untuk menjaga pola makan dan minumnya. Proses pembinaan juga dilakukan secara intensif termasuk membimbing dan menasehati dalam mengamalkan beberapa huruf yang akan dilombakan.

Usai shalat fardu, para santri juga berlatih membaca surat-surat yang diperlombakan seperti Ad Dhuha dan Al A’la. Irama memberikan ketenangan dalam membaca Al-Qur’an dan mendukung hafalan siswa.

Irama nada Nahawand sudah menjadi irama yang disepakati Dewan Pendidikan PDM Kota Surakarta untuk digunakan di sekolah-sekolah Muhammadiyah se-Surakarta, ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *