5 Makanan Khas Sumatera Selatan, ada Kue 8 Jam yang Legit

5 Makanan Khas Sumatera Selatan, ada Kue 8 Jam yang Legit

Beberapa Makanan Khas Sumatera Selatan ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, ada juga yang hanya bisa ditemui saat berkunjung ke Sumatera Selatan.

Berikut 5 Makanan Khas Sumatera Selatan yang enak serta menggugah selera wajib dicoba saat berkunjung  dirangkum dari berbagai sumber:

Bacaan Lainnya

1. Mie Celor

Jika wisatawan adalah penggemar mie, makanan yang satu ini wajib dicoba saat ke Sumatera Selatan.

Mie Celor adalah mie dengan santan yang dicampur dengan ebi. Sebagai pelengkap, seporsi mie selor biasanya disajikan dengan irisan telur, tauge, daun bawang, seledri dan tentunya taburan bawang goreng.

2. Tempoyak Brengkes

Makanan khas Sumatera Selatan tidak lepas dari seafood-nya, misalnya tempoyak brengkes.

Selain menggunakan ikan lele segar sebagai bahan utamanya, makanan ini juga menggunakan durian fermentasi sebagai bumbu pelengkapnya.

3. Pindang Tulang

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar tulang sapi yang masih menempel dengan sedikit daging dan tentunya sumsum.

Dimasak dengan berbagai campuran bumbu, Pindang Bone memiliki cita rasa yang khas dan nikmat.

4. Kue 8 Jam

Nama kue yang satu ini diambil dari proses pembuatannya yang memakan waktu hingga 8 jam.

Kue 8 jam biasanya ditemukan pada saat perayaan hari besar seperti hajatan dan lebaran. Kue yang satu ini juga cocok sebagai oleh-oleh khas Sumatera Barat. Kue berbentuk kotak tipis ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur ayam, susu kental manis, vanili, margarin, dan gula pasir.

5. Model

Model adalah makanan khas Sumatera Selatan yang bisa dengan mudah Anda temukan tentunya di Palembang. Dengan bahan utama ikan tenggiri, tepung sagu, dan telur, modelnya terasa semakin nikmat dengan kuah udangnya.

Ciri khas dari modelnya adalah tahu Cina yang digunakan. Modelnya bisa dengan mudah ditemui di pedagang kaki lima dan rumah makan di Sumatera Selatan. (Ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *