6 Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

6 Pola Hidup Sehat Ala Rasululla
Ilustrasi gambar

Pola hidup sehat ala Rasulullah, kita sebagai umat Islam tentunya harta yang paling berharga di dunia ini adalah kesehatan dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Di zaman sekarang ini, tidak mudah untuk mencapai hidup sehat, apalagi bagi kita yang tinggal di perkotaan, yang semakin khawatir dengan polusi udara dimana-mana, gaya hidup yang serba cepat, jadwal yang padat membuat sebagian orang tidak bisa beraktivitas. merasakan nikmatnya hidup sehat.

Bacaan Lainnya

Makan makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat, kurangnya waktu untuk berolahraga karena jadwal yang padat. Di sinilah orang terkadang terjebak pada gaya hidup yang serba praktis dan cepat, sehingga membuat kesehatan jadi mahal.

Salah satu nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita dan seringkali kita lupa dan lalai untuk mensyukurinya adalah kesehatan, nikmatnya sehat, dan nantinya ketika kita sakit, kita menyadari bahwa kesehatan begitu penting dan sangat berarti dalam hidup kita. hidup ini.

Bayangkan saja jika kita sedang sakit, maka seluruh jadwal yang telah kita tetapkan pasti akan berantakan, dan semuanya akan tertunda dan tentunya semua tugas dan kewajiban akan terabaikan. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar mensyukuri nikmat sehat yang kita dapatkan dengan menjaganya.

Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Rasulullah SAW adalah suri tauladan terbaik, begitu juga dalam hal kesehatan, Rasulullah SAW berpesan kepada kita untuk selalu menjaga hidup sehat itu sendiri. Berikut beberapa anjuran pola hidup sehat yang dilakukan oleh Nabi:

1. Makan Secukupnya

Sudah tertulis dalam surat cinta-Nya QS. Thaha ayat 81 yang artinya: Makanlah dari rizki yang baik yang Kami berikan kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpa kamu. Dan barang siapa yang ditimpa murka-Ku, maka sesungguhnya dia binasa.

Ayat di atas menegaskan kepada kita semua bahwa kita benar-benar tidak boleh makan berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Berbagai penyakit bisa muncul jika kita ceroboh dan tidak mengatur pola makan kita dengan baik.

Makan merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan energi agar dapat melanjutkan aktivitas. Namun jika kita makan terlalu kenyang juga tidak baik untuk kesehatan kita, bisa menyebabkan kegemukan dan jika terlalu kenyang kita akan malas untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Makanlah secukupnya sesuai dengan tingkat kemampuan perut kita untuk menampungnya dan mengolahnya menjadi energi, kita juga tidak boleh makan terlalu sedikit karena kita akan cepat kehabisan energi dan akhirnya menjadi lemas saat beraktivitas.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Nabi menyatakan bahwa manusia harus menjaga keseimbangan tubuh mereka, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara. Oleh karena itu, makan berlebihan tidak sesuai dengan ajaran Nabi SAW.

2. Istirahat yang Cukup

Setelah seharian beraktivitas, tubuh kita perlu istirahat. Tidur yang cukup untuk orang dewasa adalah sekitar 6-8 jam.

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, apalagi bagi kita yang bekerja, tidur yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

Jika tubuh kita kurang tidur, maka kita akan sulit berkonsentrasi, tubuh kita terasa lemas, dan sulit untuk berpikir jernih. Dan bagi kita yang pencari ilmu, kita akan diancam dengan rasa kantuk di kelas.

Bagaimana kita bisa menyerap ilmu yang disampaikan oleh guru/dosen jika kita dalam keadaan ngantuk dan ini kerugian yang besar.

3. Rajin Berolahraga

Dengan berolahraga, sirkulasi kita akan lancar, pembakaran kalori menjadi energi bisa optimal. Banyak berolahraga dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit, oleh karena itu kita tidak boleh malas dalam berolahraga.

Setidaknya seminggu sekali, untuk menyeimbangkan gerakan otot dan memperlancar asupan oksigen ke otak, sehingga meningkatkan daya konsentrasi.

Berolahraga tidak harus di pusat kebugaran yang mahal, jalan kaki atau bersepeda merupakan sarana olahraga yang mudah dan murah.

4. Bangun Subuh

Saat subuh sebelum pajar Udaranya masih bersih dari polusi, sehingga sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Bangun pagi untuk mendapatkan asupan udara bersih untuk paru-paru kita.

Dengan bangun lebih pagi, kita juga bisa merencanakan apa yang akan kita lakukan dengan lebih cermat dan tidak terburu-buru. Agar bisa bangun lebih awal, kita harus bisa tidur lebih awal.

5. Puasa Setiap Senin Kamis

Selain bermanfaat, puasa pada hari Senin dan Kamis memberikan waktu bagi perut kita untuk beristirahat. Bayangkan, setiap hari perut kita disuruh bekerja keras untuk mencerna makanan setiap pagi, siang dan malam.

Saat berpuasa, perut kita akan beristirahat dan mengolah makanan yang belum dicerna sebelumnya, juga dapat menyaring racun yang mungkin tersimpan di dalam tubuh kita akibat pencernaan makanan yang belum sempurna.

6. Selalu Menjaga Kebersihan

Satu hal lagi yang tak kalah penting dalam pola hidup sehat adalah menjaga kebersihan. Tempat yang kotor rawan menimbulkan penyakit, oleh karena itu Islam sangat menganjurkan untuk menjaga kebersihan diri, tempat tinggal, dan pakaian.

Bahkan Rasulullah sendiri juga mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi, menjaga kebersihan juga akan berdampak positif bagi kesehatan kita.

Demikian ulasan singkat tentang pola hidup Sehat Ala Rasulullah, mari kita tiru pola hidup sehat nabi muhammad. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *