Arus Balik Mudik Lebaran, Polrestabes Makassar Terapkan Ganjil Genap

Polrestabes Makassar Terapkan Sistem Ganjil Genap

JURNALNEWS.CO.ID – Antisipasi kemacetan terkait arus balik mudik lebaran Idul Fitri, Satlantas Polrestabes Makassar bertindak sigap dengan menerapkan pelat ganjil genap.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda berharap para pemudik yang kembali dari arah kabupaten. Maros dan Gowa perhatikan NRKB (Nomer Register Kendaraan Bermotor) atau Nomer Plat kendaraannya.

Bacaan Lainnya

Jika angka terakhir GENAP maka disarankan pulang pada 6 atau 8 Mei 2022, sedangkan angka terakhir GANJIL diharapkan 5 atau 7 Mei 2022. Selain itu, Satlantas Polrestabes Makassar akan menerapkan,

Rekayasa lalu lintas pada bundaran perlimaan bandara internasional Hasanuddin, dimana para pemudik nantinya jalan mutar kecil yang ada disepanjang 2 km jalan arah ke Maros akan ditutup.

Sehingga akses jalur kendaraan hanya dapat dilakukan persis didepan Pospam Perlimaan Bandara internasional Hasanuddin. dengan membuat jalur putaran balik dengan menggunakan water barrier untuk kendaraan yang memutar ke arah maros.

Kemudian, menambah personel satlantas Polrestabes Makassar apabila diperlukan untuk pengaturan secara manual dengan menonaktifkan TL (lampu pengatur lalin) sehingga dapat memberikan penarikan arus lebih besar pada sisi masuk ke kota Makassar.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar berharap kepada para pengemudi kendaraan yang kembali mudik, menjaga kebugaran fisiknya, beristirahatlah bila lelah karena kelelahan saat mengemudi dapat mengurangi konsentrasi yang berujung pada kecelakaan.

Lanjut ia, Bagi pengendara sepeda motor agar selalu menggunakan helm dan tidak membawa banyak barang yang dapat menghambat kebebasan saat mengendarai kendaraan. Atur jarak aman antara depan dan belakang.

Jangan mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat mudik, pastikan bahan bakar cukup, air radiator baik, kondisi angin ban dan kondisi rem kendaraan.

Ikuti Protokol Kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak aman. Metode, himbauan dan saran ini diharapkan dapat mengurangi kecelakaan dan antrian yang padat memasuki kota Makassar karena keselamatan berlalu lintas adalah tanggung jawab kita bersama, ujar Kasat Lantas, AKBP Zulanda

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *