Cerita Praktikum (PKL 2) Mahasiswi Kesejahteraan Sosial FISIP USU di Aliansi Sumut Bersatu

Cerita Praktikum (PKL 2) Mahasiswi Kesejahteraan Sosial FISIP USU di Aliasnsi Sumut Bersatu
Foto: Chintya Khasanah Sianturi

JURNALNEWS.CO.ID – Praktik Kerja Lapangan (PKL) 2 adalah mata kuliah wajib di Program Studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Chintya Khasanah Sianturi seorang mahasiswi Kesejahteraan Sosial stambuk 2020 melaksanakan PKL 2 di Aliansi Sumut Bersatu (ASB) selama 3 bulan sejak 11 September 2023 sampai dengan 4 Desember 2023.

ASB didirikan pada tahun 2006 dan merupakan sebuah NGO yang kegiatannya aktif melakukan upaya-upaya dalam mendorong penghormatan serta pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian. Dalam melakukan upaya-upaya tersebut, ASB aktif melibatkan aktivis muda lintas agama, mahasiswa/I, NGO, jurnalis dan kelompok rentan lainnya. ASB juga menyediakan beberapa layanan bagi korban kekerasan berbasis gender seperti layanan konsultasi dan Rumah Aman Peduli Puan.

Bacaan Lainnya

Chintya mengaku mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman baru dan berharga selama 3 bulan tersebut. Mulai dari praktik pekerjaan sosial di level mikro yaitu pendampingan terhadap perempuan korban kekerasan sampai di level makro yaitu pemberdayaan remaja Langkat dalam pemenuhan Hak Kesehatan Seksual Dan Reproduksi (HKSR) di Kabupaten Langkat. Salah satunya CIKAL Akademia (Center Information Kreatif and Iklusivitas) yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 6-8 Oktober 2023 di Hotel Grand Kanaya Medan. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kapasitas remaja agar mampu melaksanakan advokasi terkait layanan HKSR di Kabupaten Langkat.

Kegiatan PKL 2 lainnya di ASB adalah praktikan ikut serta sebagai panitia di pelatihan LBK (Layanan Berbasis Komunitas) pada tanggal 27-28 Oktober 2023 di Kabupaten Langkat. Selain sebagai panitia, Chintya banyak sekali menggali ilmu baru tentang gender, kekerasan terhadap perempuan, payung hukum yang mengatur tentang kekerasan terhadap perempuan bahkan belajar tentang penanganan psikologis bagi perempuan korban kekerasan.

Tidak sampai disitu, Chintya bahkan belajar dan ikut dalam pendampingan terhadap perempuan korban kekerasan yang merupakan layanan Rumah Aman Peduli Puan Aliansi Sumut Bersatu. Pengalaman lainnya adalah praktikan berkesempatan untuk ikut belajar dan mengenal komunitas dalam studi agama ke Baha’I Center Medan.

Chintya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Direktur Aliansi Sumut Bersatu yaitu Ibu Ferry Wira Padang beserta semua staff yaitu Bang Heri, Kak Carolina, Kak Eva dan Kak Lian yang telah membimbing praktikan selama melaksanakan praktikum.

Penulis: Chintya Khasanah Sianturi, Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Universitas Sumatera Utara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *