Kemenlu Minta WNI Tunda Rencana Perjalanan ke Iran dan Israel

Kemenlu Minta WNI Tunda Rencana Perjalanan ke Iran dan Israel
Foto: Dok. Kemenlu

JURNALNEWS.CO.ID – Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu) mengeluarkan imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) untuk menunda perjalanan ke Iran dan Israel.

Imbauan ini disampaikan oleh Kemenlu RI melalui siaran pers sebagai tanggapan terhadap situasi di kedua negara tersebut.

Bacaan Lainnya

Dalam pernyataannya, Kemenlu menyampaikan bahwa perkembangan situasi politik dan keamanan di kawasan Timur Tengah .

“Kami memberikan imbauan kepada WNI yang berada di wilayah Iran, Israel, dan Palestina untuk tetap waspada dan siap menghadapi situasi yang tidak menentu,” demikian pernyataan Kemenlu pada Minggu (14/4/24).

Selain itu, Kemenlu juga menyarankan kepada WNI yang memiliki rencana perjalanan ke Iran atau Israel untuk menunda rencana tersebut jika memungkinkan. Menurut Kemenlu, hal ini dilakukan agar keamanan dan keselamatan WNI dapat terjamin.

KBRI Teheran mencatat bahwa terdapat sekitar 376 WNI yang berada di Iran, dimana sebagian besar adalah pelajar atau mahasiswa yang tinggal di Kota Qom.

Kemenlu juga meminta kepada WNI yang belum melaporkan diri untuk segera menghubungi Perwakilan RI terdekat atau melaporkan diri secara online melalui situs peduliwni.kemlu.go.id.

“Kami sangat mengharapkan kerjasama dari seluruh WNI yang berada di Iran untuk tetap menjaga kewaspadaan dan segera melaporkan diri jika dibutuhkan,” Tutur Kemenlu.

Kemenlu juga meminta WNI di wilayah tersebut jika menghadapi situasi darurat. agar segera menghubungi nomor hotline KBRI Tehran: +989024668889; KBRI Amman: +962779150407; dan KBRI Kairo: +201022229989.​

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *