Manfaat Cengkeh yang Jarang Diketahui

10 Manfaat Cengkeh yang Jarang Diketahui
Ilustrasi

JURNALNEWS.CO.ID – Manfaat Cengkeh atau cengkih dalam bahasa inggris dikenal dengan cloves, tanaman cengkeh merupakan salah satu jenis tanaman semusim yang dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti indonesia, tanaman cengkeh dapat tumbuh hingga ketinggian 8 sampai 25 meter, dengan daun lonjong bunganya keluar di pucuk yang pada mulanya hanya berupa tangkai buah yang berwarna hijau, dan akan berubah menjadi merah saat mekar.

Cengkih dapat digunakan sebagai bahan penyedap atau bumbu masakan, namun selain itu cengkeh dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui khasiat ajaib dari buah cengkeh ini. Nah, di bawah ini adalah penjelasan beberapa manfaat cengkeh, seperti yang dikutip dari laman Mag for Women.

Bacaan Lainnya

Khasiat Utama Buah Cengkeh untuk Kesehatan

10. Sumber Bernutrisi

Cengkeh merupakan sumber nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh karena kaya akan vitamin hingga nutrisi penting lainnya yang terkandung di dalam buahnya, seperti kaya akan magnesium dan kalsium. Cengkih dengan ukuran kecil dan mungil memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan energi yang tinggi dan sangat baik untuk pencernaan karena mengandung serat.

9. Melawan Kanker

Meski kebenarannya belum dikonfirmasi, penelitian menunjukkan bahwa cengkeh dapat mencegah/menangkal kanker, terutama kanker kulit, saluran pencernaan, dan paru-paru.

8. Antibakteri dan Jamur

Cengkeh merupakan salah satu bahan alami untuk melawan bakteri yang dapat membahayakan lambung, serta menghilangkan bau mulut/bau mulut. Selain itu kandungan eugenol pada cengkeh terbukti memiliki sifat antijamur sehingga dapat meminimalisir panu dan penyakit kulit lainnya. Cengkih sangat efektif dalam memerangi penyakit kulit yang disebabkan oleh kurap.

7. Mengandung Analgesik

Dalam cengkeh yang kaya akan kandungan minyak, minyak cengkeh sering digunakan untuk mengobati sakit gigi dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa cengkeh mengandung analgesik. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan gigi dan gusi tidak perlu repot membeli obat di apotek, cukup gunakan minyak cengkeh untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh gusi dan gigi Anda.

6. Anti Nyamuk

Cengkeh memiliki kandungan yang tidak disukai nyamuk. Jadi jika ingin terbebas dari gigitan nyamuk yang berbahaya, gunakan cengkeh untuk mengusir nyamuk secara alami yang dapat menyebabkan demam berdarah, malaria dan penyakit lain yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

5. Baik untuk Pencernaan

Cengkih merupakan salah satu bahan dalam campuran makanan yang baik untuk pencernaan. Cengkih tidak hanya mampu melawan perut kembung dan maag, tetapi cengkeh sangat efektif meredakan mual dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Anti Inflamasi

Minyak cengkeh kaya akan kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat membantu penderita nyeri rematik. Selain itu, cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran dalam mengatasi gangguan pada sistem pernapasan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh

Cengkih dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat melawan segala penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Buah cengkeh mengandung Eugenol yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah dan dapat mencegah serangan jantung atau stroke, hingga saat ini terus dilakukan penelitian dengan berbagai penelitian untuk mengetahui khasiat dan manfaat cengkeh lainnya untuk kesehatan jantung.

1. Pewangi alami pakaian

Cengkih dengan aroma pedasnya secara alami mampu meminimalisir bau tidak sedap, selain itu cengkeh dapat menjaga keawetan barang anda. Salah satu contoh manfaat cengkeh adalah digunakan sebagai pengharum ruangan dan pewangi pakaian.

Cara pemakaiannya pun cukup mudah yaitu cukup menyimpan beberapa cengkeh kering di lemari tempat Anda menyimpan pakaian, ganti secara rutin, misalnya seminggu sekali, agar aroma segarnya tetap terjaga.

Nah setelah mengetahui beberapa manfaat dari buah cengkeh, minatkah anda mengunakannya dalam menangangi panyakit yang anda derita, sebenarnya masih terdapat banyak lagi manfaat dan khasiat dari buah cengkeh ini, Namun untuk pembahasan kali ini kami hanya mampu memaparkan sepuluh manfaat saja dari buah cengkeh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *