Menikmati Indahnya Danau Toba dengan Perahu Kayak

Menikmati Indahnya Danau Toba 
Danau Toba 

Ada banyak cara untuk menikmati pemandangan alam Danau Toba dan sekitarnya. Bagi pecinta wisata olahraga air, mengelilingi Danau dengan perahu kayak adalah sesuatu yang bisa Anda coba ketika Anda datang ke sini.

Ada tiga rute yang bisa Anda tempuh saat menjelajahi Danau Toba dengan kayak. Rute yang mudah adalah Tongging – Silalahi sejauh 12 km, rute yang cukup menantang, Tongging – Samosir sekitar 50 km, yang terakhir adalah rute yang sangat sulit yaitu Lingkar Utara sejauh 175 km.

Bacaan Lainnya

Di dekat Danau Toba juga terdapat dua museum yang kaya akan sejarah dan budaya Suku Batak, yaitu Museum Tomok dan Museum Huta Bolon. Di Museum Tomok, Anda bisa melihat museum berupa rumah adat Batak Toba yang berusia ratusan tahun namun masih tertata rapi, kokoh, dan terawat.

Sementara itu, di Museum Huta Bolon, anda akan dibuat takjub dengan ukiran dan ornamen khas Batak bernama gorga yang merupakan bagian dari bangunan museum.

Hal unik lainnya yang bisa Anda temukan di kawasan Danau adalah boneka kayu seukuran manusia bernama Sigale-gale. Sigale-gale terkenal dengan sifatnya yang mistis dan mistis lho! Masyarakat setempat percaya bahwa boneka Sigale-gale dapat menari dan meratap sendiri tanpa musik.

Beberapa dari mereka juga mengatakan bahwa boneka Sigale-gale hanya bisa diletakkan di peti. Boneka ini juga biasa digunakan dalam upacara pemakaman keluarga di daerah Samosir, karena masyarakat setempat percaya bahwa tarian Sigale-gale akan mengantarkan arwah orang yang sudah meninggal ke alam baka.

Nah, bagi yang sedang mencari oleh-oleh, kain ulos menjadi oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Danau Toba. Tidak hanya berfungsi sebagai pakaian, ulos juga dipercaya sebagai simbol status sosial dan sering dikenakan dalam berbagai perayaan penting, seperti kelahiran dan pernikahan.

Selain ulos, ada juga ukiran kayu asli dengan bentuk yang unik dan menarik yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Menikmati indahnya danau toba, buat yang suka minum kopi pastikan jangan lupa untuk membeli jenis kopi yang terkenal dari Danau Toba seperti kopi lintong dan kopi Sidikalang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *