Satu-satunya Kota di Indonesia, Makassar Raih Predikat Kota Terbahagia di Dunia

Satu-satunya Kota di Indonesia, Makassar Raih Predikat Kota Terbahagia di Dunia
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82?

JURNALNEWS.CO.ID – Kota Makassar kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Kali ini, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan tersebut dinobatkan sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam daftar Kota Terbahagia di dunia. Predikat ini diperoleh berdasarkan hasil penilaian Happy City Index, yang menempatkan Makassar di peringkat ke-234 dari 250 kota di seluruh dunia.

Meskipun tidak meraih medali emas atau perak, Makassar berhasil mendapatkan medali perunggu karena masuk dalam tiga kategori indeks kota terkemuka: City Index, Smart City Index, dan Happiness Index. Dalam hal City Index, Makassar menempati peringkat ke-157 dunia, sementara Smart City Index menempatkannya di peringkat ke-115 dunia. Prestasi yang luar biasa ini semakin diperkuat dengan terpilihnya Makassar sebagai salah satu dari 250 kota terbahagia di dunia dari 10.000 kota yang dinilai.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, yang akrab disapa Danny Pomanto, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian gemilang ini. Ia menekankan bahwa keberhasilan Makassar dalam meraih tiga kategori indeks internasional ini membuktikan bahwa kota ini terus berkembang dan maju.

“Ini membuktikan bahwa Makassar bukan hanya kota demo atau kota dengan image negatif lainnya, tapi kota yang terus berkembang dan layak dibanggakan,” tegas Danny Pomanto saat diwawancarai usai Rapat Koordinasi Lingkup Kota Makassar di Kantor Balaikota, Rabu, 19 Juni 2024.

Danny Pomanto juga menegaskan bahwa predikat ini semakin menguatkan hasil survei yang menunjukkan bahwa Indeks Kebahagiaan Kota Makassar mencapai 82,9 persen. Hal ini menunjukkan bahwa warga Makassar merasakan kebahagiaan dan kepuasan hidup yang tinggi.

“Ini terbukti secara dunia,” imbuh Danny Pomanto dengan penuh semangat.

Penilaian Happy City Index didasarkan pada beberapa indikator penting yang meliputi City (207.1), Government (225.8), Economy (322.9), Environment (230.6), dan Mobility (244.3). Dengan total skor 1230.7, Kota Makassar dengan julukan “Anging Mammiri” ini membuktikan bahwa dirinya mampu bersaing dengan kota-kota besar di dunia dalam hal kebahagiaan dan kualitas hidup.(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *