6 Tari Tradisional Kalimantan Tengah

6 Tari Tradisional Kalimantan Tengah
Tari Mandau

JUNRNALNEWS – Kalimantan Tengah (Kalteng) dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah suku Dayak. Selain dikenal sebagai provinsi dengan beragam tempat wisata, Kalimantan Tengah juga dikenal sebagai provinsi yang kaya akan budaya. Salah satu yang cukup populer adalah tarian tradisionalnya, berikut ini adalah tari tradisional Kalimantan Tengah.

1. Tari Kinyah Mandau

Bacaan Lainnya

Kinyah Mandau sebagai salah satu tarian daerah yang menampilkan unsur bela diri. Selain itu, ada unsur lain yang juga disisipkan dalam Kinyah Mandau, yaitu seni teater dan perang.

Mandau adalah senjata tradisional Dayak berupa parang atau pedang. Tarian ini dibawakan oleh penari yang telah melakukan ritual khusus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Tari Giring – Giring

Tarian yang berasal dari Suku Dayak Maanyan ini juga dikenal dengan nama lain yaitu gangerang. Dimana gangeran memiliki arti sebagai bambu yang berisi biji piding. Sedangkan simbolisme yang dibawakan dalam tarian ini adalah untuk mengungkapkan ekspresi kegembiraan atau kesenangan.

3. Tari Tambun dan Bungai

Tarian tradisional yang berasal dari Palangkaraya sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Tengah ini melambangkan pahlawan Tambun dan pengusiran musuh. Keunikan lain yang membuat pertunjukan tari yang satu ini masuk dalam berita Kalimantan terbaru adalah adegan pengusiran musuh yang ingin mengambil hasil panen rakyat. Adegan dalam tarian tersebut juga sekaligus menjadi ciri khas tari Tambun dan Bungai.

4. Tari Kayau

Tarian yang satu ini memiliki makna memenggal kepala musuh dan dibawakan oleh Suku Dayak Iban. Sedangkan pesan yang disampaikan berkaitan dengan keberanian, kekuatan, dan kejantanan untuk melindungi masyarakat suku dari musuh. Nah, alat yang digunakan dalam tarian ini adalah mandau untuk mengayuh.

5. Tari Manasai

Tarian tradisional ini ditarikan untuk menyambut tamu atau wisatawan yang datang ke Kalimantan Tengah. Ciri khas dari tarian tradisional ini adalah formasi lingkaran bergantian yang dilakukan oleh penari wanita dan pria.

6. Tari Putri Malawen

Tarian Putri Malawen dibawakan pada saat acara-acara besar kerajaan yang beranggotakan para wanita dari daerah danau Malawen. Tarian ini merupakan tarian daerah Kalimantan Tengah.

Demikian 6 Tari Tradisional Kalimantan Tengah Sebagai kesenian tradisional suku Dayak, tarian ini harus terus dilestarikan. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *