7 Makanan Khas Bengkulu, Enak Menggoda Selera 

7 Makanan Khas Bengkulu, Enak Menggoda Selera 
Lemang Tapai

Makanan Khas Bengkulu – Provinsi Bengkulu tidak hanya memiliki bunga Rafflesia Arnoldi atau bangunan bersejarah yang melegenda, salah satunya adalah benteng peninggalan Inggris. Berikut rekomendasi kuliner khas Bengkulu yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bagar Hiu

Bacaan Lainnya

Memang daging ikan hiu belum terlalu dikenal di Indonesia, namun bagi masyarakat Bengkulu, daging ikan hiu diolah untuk dijadikan kuah kental. Hiu bagar berbeda dengan daging hiu lainnya, dagingnya tidak begitu amis, karena masyarakat Bengkulu menggunakan daging dari hiu punai.

Bagar Hiu memiliki cita rasa yang unik dengan cita rasa khas rempah-rempah yang menggugah selera, kaya akan bumbu rempah serta rasa yang pedas dan gurih berpadu dengan daging dari ikan hiu, sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat.

2. Kari Kemba’ang

Masakan kari memang salah satu masakan yang enak di Indonesia, tak terkecuali gulai Kemba’ang. Di Bengkulu, gule ini dibuat dari bahan utama menggunakan iga sapi atau sapi dan tentunya disajikan dengan kuah kari yang kental.

Gulai Kembaang memiliki cita rasa yang sangat lezat, sehingga wisatawan tidak heran jika masyarakat Bengkulu sering menjadikan makanan Gulai Kemba’ang sebagai makanan utama saat ada acara-acara tertentu, terutama saat bulan Ramadhan.

3. Lemang Tapai

Ketika mendengar kata lemang, yang terbayang adalah masakan khas melayu. Lemang memang makanan khas Melayu, tapi lemang tapai adalah makanan khas Bengkulu. Lemang tapai terbuat dari beras ketan dan santan. Untuk cara membuatnya, beras ketan yang sudah dicuci bersih lalu direndam semalaman.

Setelah itu dicampur dengan santan dan dimasak dengan cara dibakar di pohon bambu hingga matang. Nanti lemang tapai akan disajikan bersama tapai ketan. Selain tape ketan, biasanya ada durian yang menemani sajian khas Bengkulu ini.

4. Pendap

Pendap merupakan makanan khas Bengkulu yang sudah ada sejak zaman dahulu, bahan untuk membuat pendap sendiri terbuat dari beberapa ikan, untuk bumbunya menggunakan beberapa bahan kencur, bawang putih, cabai, dan juga kelapa muda.

Proses pembuatan pendap cukup mudah, semua bumbu dicampur dengan ikan, kemudian dibungkus dengan daun talas, fungsi dari daun talas sendiri adalah untuk menambah aroma pada pendap. Untuk membuat penendam membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu direbus selama kurang lebih 8 jam.

5. Lempuk Durian

Berbicara tentang durian, ternyata masyarakat Bengkulu memiliki olahan kuliner dari durian yaitu lempuk durian yang bahan dasarnya adalah buah durian dengan tambahan tepung terigu dan gula.

Semua bahan dicampur hingga rata kemudian diaduk dalam wajan besar dan dimasak di atas api hingga teksturnya kental dan matang. Lempuk durian sangat mirip teksturnya dengan dodol dan sering dijadikan oleh-oleh

6. Rebung Asam Liling

Rebung asam jawa merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari campuran dua bahan dasar yaitu keong hitam dan rebung. Untuk memasaknya membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena kita harus merendam rebung terlebih dahulu selama beberapa hari sampai rasa asam pada rebung bisa keluar.

Baru setelah itu rebung dibumbui dengan berbagai bumbu dan dimasak bersama keong hitam. Keong hitam atau lilin ini biasanya hidup di persawahan sehingga orang bisa dengan mudah mendapatkannya.

7. Kopi Bengkulu

Selain makanan, Bengkulu memiliki kopi yang tak kalah populer. Bengkulu yang merupakan bagian dari tanah subur Pulau Sumatera memiliki cita rasa kopi yang khas.

Rasa kopi Bengkulu akan berbeda dengan kopi biasa tergantung dari tingkat penyangraian dan perbandingan air-kopi yang sesuai dengan selera racikan kopi Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *