Dendeng Batokok, Kuliner Khas Masyarakat Kabupaten Kerinci

Dendeng Batokok Kuliner khas Kerinci Jambi
Dendeng Batokok khas Kerinci

JURNALNEWS.CO.ID – Kuliner Dendeng Batokok merupakan salah satu kuliner khas masyarakat Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Kuliner berbentuk pipih ini lebih nikmat disantap dengan sambal merah pedas.

Kuliner yang satu ini bisa Anda temukan di sebuah rumah makan di Siulak Deras dan Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Bacaan Lainnya

Bahan baku berasal dari daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging kerbau. Batokok dalam bahasa Kerinci artinya dipukul – pukul.

Disebut Dendeng Batokok karena sebelum dipanggang di atas bara arang dari batok kelapa, terlebih dahulu diolesi minyak kelapa.

Selanjutnya daging yang sudah dibumbui di tokok atau di pukul – pukul pelan hingga pipih menggunakan palu atau ulekan.

Ini salah satu rahasianya, dagingnya matang sempurna dan tidak banyak. Rasanya enak dan segar.

Daging yang telah ditumbuk lebih mudah menyerap bumbu. Olesi sebelum dipanggang. Kuliner ini cocok dinikmati dengan nasi yang berasal dari nasi Payo yang merupakan jenis nasi lokal dari Kabupaten Kerinci.

Meski mirip dengan Dendeng Batokok yang berasal dari Sumatera Barat, tekstur dan rasanya berbeda. Dendeng Sumatera Barat memiliki tekstur yang kering dan gurih, sedangkan Dendeng Batokok khas Kerinci sedikit basah dan lembut.

Cicipi salah satu kuliner khas Kabupaten Kerinci, dan rasakan kelezatannya yang bikin susah untuk dilupakan. Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Kerinci, jangan lupa mampir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *