Kuliner Khas Maros, Enak dan Murah

Kuliner Khas Maros, Enak dan Murah
Roti Maros

JURNALNEWS.CO.ID – Kabupaten Maros terkenal dengan destinasi wisata yang menakjubkan, beberapa di antaranya adalah pegunungan Rammang-Rammang dan Karst di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, selain destinasi wisata juga memiliki beragam kuliner khas maros yang enak lezat Penasaran.?

Berikut aneka kuliner sayang dilewatkan saat berkunjung ke Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

1. Roti Maros Roti Maros menjadi favorit para wisatawan dan sering dijadikan oleh-oleh. Roti maros memiliki bentuk yang beragam dan isiannya pun bermacam-macam, mulai dari coklat, selai nanas, kacang tanah, dan lain-lain. Rasanya manis dan gurih dengan tekstur roti yang lembut.

2. Jalangkote

Jalangkote memiliki bentuk yang menyerupai kue pastel. Bedanya, jalangkote berisi tauge, laksa, telur rebus, daging, wortel, dan kentang potong kecil-kecil yang sebelumnya sudah ditumis dengan bawang merah, bawang putih, merica, dan bumbu lainnya.

Sedangkan untuk kulit jalangkote sendiri terbuat dari tepung terigu, telur, santan, garam, dan mentega. Rasa jalangkote yang nikmat ini semakin nikmat jika disantap dengan saos cair khas Sulawesi Selatan.

3. Bassang Makanan dari Maros ini adalah bubur yang terbuat dari jagung ketan atau jagung ketan, tepung terigu, air, gula pasir, dan garam.

Biasanya Bubur Bassang ini disajikan panas dan diberi gula secukupnya saat disajikan.

Masyarakat setempat menyantap hidangan yang satu ini sebagai salah satu menu sarapan dan juga cemilan di siang dan sore hari.

3. Pallubasa Pallubasa banyak disukai oleh masyarakat lokal dan wisatawan. Sepintas, hidangan ini terlihat seperti coto khas Makassar.

Bedanya pallubasa disajikan dengan nasi, sedangkan coto khas Makassar disajikan dengan lontong atau ketupat.

Semangkuk pallubasa biasanya berisi daging sapi atau jeroan kerbau yang sebelumnya sudah direbus lama, irisan daging, dan telur mentah kemudian disiram kuah kental dan ditaburi irisan daun bawang dan bawang goreng.

4. Mi Titi Hidangan ini sangat populer di kalangan masyarakat Kabupaten Maros. Nama Mi titi diambil dari nama seorang keturunan Tionghoa yang pertama kali membuat masakan ini berdasarkan resep keluarga.

Mi titi yang pakai mie kering mirip ifumie. Bedanya, Mi titi memiliki rasa yang lebih gurih dengan isian berupa irisan ayam, udang, cumi, dan hati.

5. Sop Konro

Kuliner Khas Maros ini selain di Kota Daeng (Makassar), sop konro juga bisa Anda temukan di Maros dengan cita rasa yang tak kalah gurih dan lezat serta aroma kuah yang khas dan kuat berasal dari penggunaan rempah-rempah pilihan yang berkualitas.

Semangkuk kuah konro berisi iga sapi atau daging sapi dengan kuah berwarna coklat tua yang berasal dari kluwek, biasanya sup konro disajikan dengan nasi atau ketupat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *