Makanan Khas Balikpapan No. 5 Cocok Buat Oleh oleh

Makanan Khas Balikpapan No. 5 Cocok Buat Oleh oleh
Onde-Onde Ubi Ungu

JURNALNEWS.CO.ID – Indonesia merupakan negara yang begitu kaya dengan unsur budaya dan juga memiliki kuliner yang khas. Salah satu kota yang memiliki banyak makanan khas adalah Balikpapan.

 Di balik pesona keindahan Balikpapan, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota ini lalu tak menikmati makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera.

Bacaan Lainnya

Berikut beberapa makanan khas dari Balikpapan yang wajib anda dicoba saat berkunjung ke Balikpapan.

1. Pisang Gapit

Pisang gapit atau pisang jepit ini merupakan makanan yang telah populer dan banyak dikenal orang. Olahan yang berasal dari pisang ini biasanya dibakar dengan api lalu dijepit dengan kayu hingga matang.

2. Roti Mantau

Mantau Roti mantau ini dibuat dengan cara digoreng. Selain itu, jika roti pada umumnya bercita rasa manis, roti mantau ini justru disajikan dengan saus balado atau saus lada hitam yang gurih.

3. Onde-Onde Ubi Ungu

Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah onde-onde yang terbuat dari ubi ungu. Kebanyakan onde-onde telah mainstream dibuat dari kacang hijau, kuliner di Balikpapan ini menjadi unik karena dibuat dari ubi ungu. Hal itu yang menjadi salah satu ketertarikan wisatawan untuk wisata kuliner ini.

4. Bingka Kentang

Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah bingka kentang. Disebut demikian karena memang satu bahan yang digunakan dalam kuliner ini utamanya adalah dengan menggunakan kentang.

5. Bubur Gunting

Makanan ini diolah dari tepung ketan. Dalam proses pembuatannya, adonan dari makanan ini nantinya digunting-gunting sebelum dimasak dengan rebusan kuah santan serta gula merah.

6. Abon Kepiting

Jika kamu biasanya telah mengenal bahan dasar abon yang dibuat dari daging ayam ataupun sapi, khas Balikpapan satu ini memang terdengar makanan asing.

Abon yang ada di Balikpapan biasanya diolah dari daging kepiting. hal-hal itulah yang membuat kuliner ini dianggap beda dari abon yang ada kebanyakan. Cita rasa gurih yang ada dalam makanan ini membuat abon kepiting telah sangat dikenal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *