Menparekraf Sandiaga Dorong Gelar Budaya Dendang Piwang Jadi Event Nasional

Menparekraf Sandiaga Dorong Gelar Budaya Dendang Piwang Jadi Event Nasional
Poto: Menparekraf Sandiaga Dorong Gelar Budaya Dendang Piwang Jadi Event Nasional.(Istimewa )

JURNALNEWS.CO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong agar event Gelar Budaya Dendang Piwang di Natuna ditingkatkan dari level daerah menjadi event nasional.

Saat menghadiri Gelar Budaya Dendang Piwang di Pantai Piwang, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (3/8/2024), Menparekraf Sandiaga mengapresiasi konsep unik yang diusung event ini. Sejak 2022, setiap dua pekan sekali, Dendang Piwang menghadirkan panggung apresiasi keberagaman adat budaya, tradisi, dan kearifan lokal di setiap kecamatan di Kabupaten Natuna.

Bacaan Lainnya

“Oleh karena itu, saya ingin memberikan apresiasi atas eksekusi yang sangat apik yaitu konsep roadshow di setiap kecamatan,” kata Menparekraf Sandiaga. Konsep roadshow antar daerah yang diusung Gelar Budaya Dendang Piwang ini patut dikembangkan dari event daerah menjadi event nasional.

“Karena Gelar Budaya Dendang Piwang ini adalah sebuah pagelaran budaya rutin. Saya mendorong Pak Kadis, Pak Wakil Bupati, dan Pak Bupati untuk mengangkat dan mengusulkan event ini menjadi event nasional,” ujar Sandiaga.

Untuk menjadikan event ini bertaraf nasional sekaligus mengembangkan potensi parekraf di Natuna, pihaknya berkomitmen mengajukan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Pemerintah Kabupaten Natuna. “(Kepulauan Riau) ini termasuk kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), saya mendorong Pak Bupati dan Wakil Bupati untuk mengajukan dana alokasi khusus sehingga kita bisa membangun fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan,” katanya.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, mengapresiasi rencana pengusulan DAK dari Kemenparekraf untuk mendukung pengembangan sektor parekraf di Natuna. “Ini bisa membantu kekurangan kami dalam pengembangan wisata untuk menyukseskan program dari Bapak Presiden di bidang pariwisata,” ujar Siswandi.

Menparekraf Sandiaga hadir bersama istrinya, Nur Asia Uno. Menparekraf disambut oleh Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Hardiansyah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *