Peran Mahasiswa PPM UMM Selama Kegiatan Perkemahan di UPTD SDN MOARAH 2

Peran Mahasiswa PPM UMM Selama Kegiatan Perkemahan di UPTD SD MOARAH 2
Foto: Mahasiswa PMM UMM Kelompok 86 Gelombang 7 bersama kepala sekolah, staf dewan guru, dan siswa-siswi UPTD SD MOARAH 1 dan UPTD SD MOARAH 2

JURNALNEWS.CO.ID – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gelombang 7 Kelompok 86 Tahun 2022 membantu UPTD SD MOARAH 1 dan UPTD SDN MOARAH 2  pada tanggal 30 Agustus 2022, dalam mengadakan perkemahan pertamakali seusai pandemi. Perkemahan ini berlokasi di Bumi Perkemahan UPTD SD MOARAH 2. Perkemahan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu, pada hari selasa dan rabu pada tanggal 30-31 Agustus yang dilaksanakan oleh siswa-siwi kelas 4, 5, dan 6.

Kegiatan ini bukan pertamakalinya dilakukan oleh kedua sekolah ini, pada tahun-tahun sebelum pandemi corona melanda kedua sekolah ini sering melakukan kegiatan perkemahan bersama dan sekarang akhirnya diadakan kembali untuk pertamakali seusai pandemi.

Bacaan Lainnya

Perkemahan yang diadakan oleh UPTD SD MOARAH 1 dan UPTD SD MOARAH 2 ini dilakukan untuk melatih sikap kedisiplinan, kemandirian, kreativitas, kerja sama, kepemimpinan (leadership), serta melatih siswa-siswi untuk bertanggung jawab terhadap semua keputusan yang diambil saat penjelajahan dan belajar menerima konsekuensi apa yang telah ia perbuat. Kepala sekolah UPTD SD MOARAH 1 dan UPTD SD MOARAH 2 juga menuturkan

“kami melaksanakan perkemahan ini bertujuan untuk menerapkan P5 pada kurikulum merdeka dan juga melaksanakan apa yang sudah menjadi program sekolah” Ucap Muhammad Sarif S.pd.I, M.Pd selaku kepala Sekolah UPTD SD MOARAH 1 dan UPTD SD MOARAH 2.

Selama perkemahan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti perkemahan pada umumnya seperti, pengadaan lomba, penjelajahan, kegiatan api unggun, serta penampilan-penampilan bakat siswa-siswi UPTD SD MOARAH 1 dan UPTD SD MOARAH 2. Untuk lomba yang ditampilkan saat perkemahan yaitu Lomba PBB, Lomba tali temali, lomba kreativitas, dan lomba cerdas cermat.

Dalam kegiatan ini, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang turut menyumbangkan gagasan untuk keberlangsungan kelancaran acara perkemahan yang dilakukan.

Salah satu gagasan yang kami usulkan yaitu, membuat denah penjelajahan. Hal itu kami usulkan bertujuan untuk membuat anak tetap tertib dan tidak bercanda dijalan bahkan bisa mengganggu warga sekitar disaat pelaksanakan penjelajahan.

selain itu pembuatan denah ini membuat siswa-siswi lebih memperhatikan apa yang telah mereka lewati saat penjelajahan, hal tersebut bisa melatih sikap kepedulian terhadap apa yang ada disekitar kita dan melatih agar siswa-siswi tidak acuh tak acuh terhadap apa yang ada disekeliling mereka. setiap siswa harus membuat denah pada saat penjelajahan.

Denah ini berisi peta dimana siswa yang menggambar denah itu sendiri. denah ini digambar mulai dari awal mereka start penjelajahan sampai melewati 3 pos dan kembali kebumi perkemahan UPTD SD MOARAH 2.

Ide kami ini disambut baik oleh kepala sekolah dan staff dewan guru yang ada di UPTD SD MOARAH 1 dan UPTD SDN MOARAH 2. Selain menyumbangkan ide gagasan, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang juga menjadi kakak Pembina dan membantu kelancaran jalannya perkemahan yang diadakan oleh UPTD SD MOARAH 1 dan UPTD SD MOARAH 2.

Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiya Malang (UMM) Gelombang 7 Kelompok 86 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Jurusan Akuntansi.

Dosen Pembimbing Lapang (DPL): Luqman Dzul Hilmi, SE.,MBA.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *