PT Semen Tonasa Meraih Penghargaan Kelas Dunia untuk Manajemen Energi Berbasis ISO 50001

PT Semen Tonasa Meraih Penghargaan Kelas Dunia untuk Manajemen Energi Berbasis ISO 50001
Poto: (SP)

JURNALNEWS.CO.ID – Pada tahun 2023, PT Semen Tonasa, sebuah anak perusahaan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), berhasil menurunkan konsumsi energi dan mencapai efisiensi biaya energi dengan mengimplementasikan standar ISO 50001 sejak tahun 2019. Akibat dari upaya ini, perusahaan tersebut terpilih sebagai salah satu dari dua perusahaan di seluruh dunia yang meraih “Award of Excellence in Energy Management” dari Clean Energy Ministerial (CEM) pada acara the 2023 CME’s Energy Management Leadership Awards.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Arifin Tasrif, kepada Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asruddin. Dia ditemani oleh Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari, dan Direktur Operasi Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini, dalam acara tersebut yang berlangsung di Goa, India, pada Jumat, 21 Juli 2023.

Bacaan Lainnya

Selama periode empat tahun sejak penerapan sistem manajemen energi berbasis ISO 50001, PT Semen Tonasa berhasil menghemat biaya energi sebesar $16.164.305 atau setara dengan penghematan energi sebesar 1.214.159 MWh dan mengurangi emisi CO2 sebesar 435.864,37 metrik ton.

Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asruddin, menjelaskan bahwa salah satu inisiatif penting yang dilakukan oleh perusahaan adalah memanfaatkan biomassa yang berasal dari limbah pertanian sebagai bahan bakar alternatif. Tingkat substitusi termal (TSR) biomassa dalam kegiatan produksi PT Semen Tonasa meningkat secara signifikan dari 1,17% menjadi 8,13% antara tahun 2019 dan 2022, dengan total jumlah limbah pertanian yang dimanfaatkan mencapai 157.297 ton.

Upaya penggunaan limbah pertanian ini juga membantu menciptakan ekonomi sirkuler bagi para petani selama empat tahun terakhir, dengan total nilai lebih dari USD $2 Juta. Selain itu, perusahaan juga melakukan penyesuaian pada desain campuran bahan baku (raw mix design) dan parameter operasi kritis (critical operating parameters, COP) untuk mempertahankan kualitas produk tanpa mengorbankan aspek lingkungan dan sosial. Tuturnya.

Asruddin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung implementasi Sistem Manajemen Energi di PT Semen Tonasa hingga berhasil meraih penghargaan tingkat dunia ini. Ia mengakui bahwa penghargaan yang diperoleh adalah hasil kerjasama semua pihak, termasuk karyawan, pemegang saham, manajemen sebelumnya, konsultan dan asesor ISO 50001, perusahaan afiliasi, mitra perusahaan, serta dukungan dari pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Pangkep, serta warga masyarakat dan stakeholder lainnya.

Clean Energy Ministerial (CEM) merupakan forum internasional tingkat tinggi yang menghadirkan negara-negara terbesar dan terkemuka di dunia, organisasi internasional, dan perusahaan untuk mempercepat transisi ke energi bersih melalui penerapan standar ISO 50001. Pada tahun 2023, CME’s Energy Management Leadership Awards memberikan penghargaan “Award of Excellence in Energy Management” kepada dua perusahaan dan “Energy Management Insight Awards” kepada lima belas organisasi lainnya, yang dinilai telah menerapkan sistem manajemen energi dan meningkatkan kesadaran global tentang manfaat ekonomi dan keberlanjutan. Acara tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian acara The 14th Clean Energy Ministerial and 8th Mission Innovation yang berlangsung dari tanggal 19 hingga 22 Juli 2023, di Goa, India.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *