HUT RI ke-78: Owner RR Farm luncurkan Ayam Ternak unggulan “KATAR”

HUT RI ke-78: Owner RR Farm luncurkan Ayam Ternak unggulan "KATAR"
Poto: Ayam ternak unggulan “Katar” yang merupakan singkatan “Kampung Tanralili"

JURNALNEWS.CO.ID – Dalam Rangka HUT RI ke-78 dan Semangat Kemerdekaan, komunitas peternak ayam RR Farm di Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, meluncurkan jenis ayam ternak unggulannya “Katar” yang merupakan singkatan “Kampung Tanralili”, Kamis (17/8/2023).

RR Farm sendiri merupakan salah satu usaha ternak dan distributor bibit ayam kampung unggul yang berlokasi di Lingkungan Dulang, Kelurahan Borong, Kecamatan Tanralili, Kecamatan Maros.

Bacaan Lainnya

Owner RR Farm, Isal, menjelaskan Ayam Katar di peternakannya merupakan bibit ayam kampung hasil seleksi ketat dari sejumlah jenis ayam unggul yang dilakukan Kelompok Ternak Ayam Kampung Tanralili.

“Ayam Katar ini merupakan tipe final pedaging dengan hasil recording di semua kandang tim komunitas peternak ayam Tanralili,” terangnya.

Ayam Katar ini mampu tumbuh dengan mencapai bobot 1 kilogram pada umur 50 – 60 hari.

Dasar pengembangan Ayam Katar ini menggunakan ayam Kampung Unggul Balitbangtan atau populer disebut Ayam KUB.

Ayam KUB diketahui populer di pasaran, tahan penyakit, serta memiliki kualitas daging, dan rasa gurih. Keunggulan itulah bisa ditemukan pada Ayam Katar.

“DOC Ayam Katar ini sementara kami produksi hanya untuk penggunaan sendiri dan tim. Insya Allah akhir tahun 2023, siap kami pasarkan untuk umum,” kunci Isal.

Meski demikian, peternak atau warga yang berminat dengan Ayam Katar ini dapat lebih awal menghubungi RR Farm di nomor kontak 0811-4108-456 atau mengunjungi akun Facebook Page, RR Farm.

Bisa Diternakkan di Perkotaan

Usaha peternakan Ayam KUB mulai berkembang dan milau banyak dilirik pelaku usaha peternakan sejak 10 tahun terakhir.

Apalagi peternakan jenis Ayam KUB ini juga bisa dikembangkan di area perkotaan. Selain kualitas maupun keunggulannya, beternak ayam KUB kian diminati karena sisi ekonomis.

Beternak Ayam KUB bukan hanya cocok di pedesaan, namun juga di wilayah perkotaan karena tidak memerlukan lahan yang luas.

Pasarnya malah terbilang luas karena populasi perkotaan lebih padat dan adanya tren gaya hidup sehat dengan mengonsumsi telur dan daging ayam kampung.

Apalagi, ayam KUB meang dikenal memiliki kualitas, kemampuan bertelur, serta pertumbuhannya yang tinggi. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *